opusisv-logo

salesenquiry@opusisv.com

Our E-Mail Support

(+62) 812 86 86 086

Customer Support Services

Menara Hijau

Our Location

Pengertian Digital Marketing, Manfaat dan Jenis Digital Marketing

Pengertian Digital Marketing, Manfaat dan Jenis Digital Marketing

Apa itu Digital Marketing? Pengertian Digital Marketing adalah suatu pemasaran yang dilakukan secara digital melalui website, seo, social media, ads, dan lain sebagainya. 

Apakah anda pernah melihat suatu brand atau produk yang muncul di layar hp anda atau browser anda secara online? Muncul dalam bentuk iklan ataupun kampanye online?

Belakangan ini semua hal tersebut tentu sering kita lihat, hal-hal tersebutlah disebut dengan Digital Marketing­.

Konsep Digital Marketing adalah untuk meningkatkan penjualan produk atau suatu brand, dengan kata lain kita menyebut dengan istilah Growth Hacking.

Digital-Marketing-Infographic

Table of Content

Apa itu Digital Marketing?

Digital Marketing - SB0WARG16HI-unsplash - OPUSISV

Dilansir dari Wikipedia, Pengertian Digital Marketing atau Pemasaran Digital adalah suatu usaha untuk mempromosikan sebuah merek dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi, dan relevan.

Tadi adalah pengertian digital marketing menurut Wikipedia, sekarang kita gali lebih dalam mengenai Pengertian Digital Marketing Menurut Para Ahli

Coviello, Milley, dan Marcolin (2001)

Pengertian Digital Marketing menurut Coviello, Milley, dan Marcolin (2001) “digital marketing adalah penggunaan internet dan teknologi interaktif lain untuk menciptakan dan menghubungkan komunikasi antara perusahaan dan konsumen spesifik”

American Marketing Association (2001)

Pengertian Digital Marketing menurut American Marketing Association (2001) “digital marketing adalah sebagai aktivitas, institusi, dan proses yang difasilitasi oleh teknologi digital untuk menciptakan, mengkomunikasikan, dan memberikan nilai lebih kepada konsumen dan pemangku kepentingan lainnya”

Urban (2004)

Pengertian Digital Marketing menurut Urban (2004) “digital marketing adalah kegiatan pemasaran yang menggunakan internet dan teknologi guna memperluas serta meningkatkan fungsi pemasaran tradisional”

Ridwan Sanjaya dan Josua Tarigan (2009)

Pengertian Digital Marketing menurut Ridwan Sanjaya dan Josua Tarigan (2009) “digital marketing adalah kegiatan pemasaran—termasuk branding—yang menggunakan berbagai media berbasis web misalnya blog, website, e-mail, AdWords, maupun media social”

Chaffey (2009)

Pengertian Digital Marketing menurut Chaffey (2009) “digital marketing adalah kegiatan untuk mencapai tujuan pemasaran dengan bantuan teknologi digital.”

4 Manfaat Digital Marketing

banyak yg masih bingung, fungsinya seperti apa, bagaimana kita memulai untuk transformasi ke digital marketing, Fungsi Digital marketing adalah salah satu cara atau metode anda melakukan marketing

1. Membantu meningkatkan Branding

Branding merupakan nama, atau istilah serta bisa juga disebut sebagai tanda, atau simbol yang dimaksudkan untuk mengidentifikasi barang yang dihasilkan sebagai tanda pengenal bagi perusahaan / bisnis tersebut.

Branding ini sangat penting agar dapat diketahui masyarakat, ini seperti anda memberi tahu kepada calon konsumen bahwa perusahaan tersebut ada, perusahaan tersebut bergerak dibidang apa, apa value yang diberikan untuk anda dari perusahaan tersebut melalui produk nya, apa yang anda dapatkan ketika menggunakan produk / jasa tersebut.

Ketika calon konsumen anda mengetahui nilai dari bisnis anda, maka nilai Branding pun akan ikut baik, dan calon kosumen akan lebih aware terhadap bisnis anda.

2. Membantu meningkatkan Awareness dengan Media Promosi

Media Promosi juga bisa dengan Advertising Iklan di social media atau google, promosi ini dimanfaatkan Ketika anda mau re-launching produk baru, discount produk, promo produk, dll sebanyak-banyaknya agar calon konsumen tertarik untuk masuk kedalam bisnis anda menggunakan Digital Marketing.

3. Membantu meningkatkan Engagement dengan Media Penjualan

Salah satu media yang paling wajib anda punya adalah website, website sudah seperti rumah bagi bisnis anda, dengan website ataupun social media, anda dan calon konsumen dapat berinteraksi langsung dari mulai penawaran hingga peroses penjualan untuk mendapatkan Conversion.

4. Membantu meningkatkan Customer Relationship

Social Media Marketing menjadi salah satu sarana komunikasi bagi siapapun, bahkan pebisnis dan pembeli pun sudah banyak melakukan transaksi hingga memberikan review didalam postingan produk atau jasa mereka.

Jika anda punya social media marketing, anda tidak hanya memberikan informasi kepada calon konsumen, itu akan  jadi sarana engagement secara langsung, comment, like atau konten marketing yg di posting di social media (review) setelah mereka pakai jasa kita, seperti apa review mereka, dapat kita counter back dan menjadi nilai bagi kita untuk memperbaiki system layanan kita agar calon konsumen ataupun konsumen anda akan terus dan tetap menggunakan produk serta layanan anda dan ini akan menimbulkan influence dan akan menimbulkan trust bagi konsumen lain terhadap bisnis anda

4 Jenis Digital Marketing

digital marketing - austin-distel-tLZhFRLj6nY-unsplash - OPUSISV

1. Website

Website adalah yang paling wajib anda punya karena ini seperti rumah untuk bisnis anda, ini adalah representative untuk bisnis anda secara digital, orang lain dapat melihat company anda yang berupa informasi tentang perusahaan, apa yang dijual, service nya apa saja, prodak nya apa saja, harga dan fiturnya bagaimana, dan semua aktifitas digital marketing tujuanya harus menggiring masuk kedalam website, didalam website marketing itu menaruh banyak sekali informasi yang berkaitan dengan bisnis anda. Maka dari itu website adalah hal utama yang paling penting untuk anda miliki.

2. SEO

SEO atau Search Engine Optimisation, bertujuan untuk mengoptimalkan website yang kita punya di pencaharian google, misalnya mencari dengan keyword tertentu, konsumen akan mengetik “web design terbaik”, google akan menampilkan best result yang akan ditampilkan pada SERP atau Search Engine Result Page yang sering kita jumpai pada halaman google ketika sedang mencari informasi berdasarkan keyword tertentu, pastikan website anda dapat ditemukan saat mereka mencari keyword tertentu yaa… atau gunakan jasa kami untuk membantu anda mencapai SEO yang optimal.

3. Social Media Marketing

Social Media Marketing ialah platform social media yang dipakai sebagai interaksi seperti social media pada umumnya fb ig twitter, dan sekarang sudah berkembang dan bisa meningkatkan engagement, bisa banyak interaksi di dalam social media, salah satunya ialah complain produk, review produk, bertanya seputar produk, bahkan sampai pembelian produk bisa dilakukan di dalam Social Media, anda juga bisa counter back ketika terdapat keluhan pelanggan di social media, atau terkait masukkan/feedback dan akan jadi improvement untuk brand/bisnis anda

Jadi social media marketing ini juga bisa menjadi selling, chatting, asking, ataupun conversion

4. Digital Advertising

Digital Advertising adalah bentuk pemasaran dan periklanan yang menggunakan Internet dan secara digital untuk menyampaikan pesan pemasaran promosi kepada konsumen

iklan secara digital seperti Google Ads, PPC, SEM, Banner Ads, FB Ads, dll, Anda dapat melakukan advertising dengan media Digital untuk menyampaikan pesan promosi atau diskon kepada konsumen guna menarik konsumen untuk membeli produk kita ataupun hanya untuk menambahkan engagement saja.

Kesimpulan

Kita sudah membahas mengenai apa itu digital marketing?, pengertian digital marketing, pengertian digital marketing menurut para ahli, manfaat digital marketing, dan jenis digital marketing.

Digital Marketing adalah suatu pemasaran yang dilakukan secara digital melalui website, seo, social media, ads, dan lain sebagainya. untuk meningkatkan penjualan produk atau suatu brand membutuhkan Digital Marketing yang baik. Selain itu digital marketing mempunyai 4 manfaat utama dan juga 4 jenis utama, sebenarnya banyak manfaat dan jenis dalam menerapkan Digital Marketing, namun 4 diantaranya ialah yang paling utama.

Meningkatkan branding, awareness, engagement, dan loyality menjadi manfaat utama dalam menerapkan Digital Marketing

Membuat website, optimisasi SEO, social media marketing dan advertising menjadi jenis Digital Marketing yang perlu anda ketahui dan anda harus jalankan untuk bisnis anda.

Stay connected and get your digital marketing strategy in place