Mengapa harus menggunakan WordPress?

Mengapa harus menggunakan WordPress? . WordPress adalah content management system paling populer di dunia yang memberdayakan 34% dari semua situs web di internet. Mengingat jumlah total website aktif diperkirakan lebih dari 1,3 milyar menurut survey yang diterbitkan oleh Netcraft, itu berarti saat ini sekitar 455,000,000 website sedang menggunakan WordPress. Dengan  jumlah  situs web terbesar di AS, dan 20.735 situs web di Singapura. 7 Situs WordPress Teratas berada di Amerika dan Eropa, yaitu: Amerika Serikat, Rusia, Inggris Raya, Kanada, Australia, Brasil, Jerman 

  • WordPress memiliki pangsa pasar 60,8% di pasar CMS
  • WordPress memberdayakan 14,7% situs web teratas dunia
  • 500+ situs dibuat setiap hari menggunakan WordPress sementara hanya 60-80 per hari yang dibangun di atas platform seperti Shopify dan Squarespace
  • Plugin e-commerce WordPress, WooCommerce memberdayakan 22% dari 1 juta situs e-commerce teratas di dunia.

Lebih dari 35% website di dunia menggunakan WordPress

Dikutip dari W3Tech, salah satu perusahaan konsultan Austria yang melakukan survei terhadap jutaan situs teratas telah membuktikan bahwa WordPress telah merajai lebih dari 60% pengguna CMS (Content Management System) di seluruh dunia seperti Shopify, Joomla, Drupal, Wix.. Itu artinya, WordPress telah menguasai lebih dari 35% pasar website di dunia.

Contoh website menggunakan WordPress

Banyak sekali website terkenal di dunia yang menggunakan WordPress. Sebenarnya, Kita tidak perlu heran lagi kenapa ada begitu banyak pengguna WordPress di seluruh dunia, karena selain mudah, WordPress juga Fleksibel dan customizable.

Among those who use WordPress are Walt Disney, Pulse (by Target), Microsoft News Centre, The New York Times, Spotify, TechCrunch, The White House website, BBC America, and even the Facebook Newsroom. 

In Singapore, prominent sites such as Grab.com, press.agoda.com, press.razer.com, blogs.ntu.edu.sg, research.a-star.edu.sg are relying on WordPress.

WordPress Proses

Perlu anda ketahui, wordpress dibagi menjadi 2, yaitu wordpress.com dan wordpress.org, lalu apa perbedaanya? Perbedaan dasar di antara keduanya terletak pada host aktualnya.

Jika menggunakan WordPress.com, Anda tidak perlu susah payah mengeluarkan uang untuk hosting dan domain, karena sudah disediakan langsung dari WordPress.com secara gratis. Namun, fasilitas di WordPress.com terbatas. Domain Anda harus kustom dari WordPress.com, yaitu di belakangnya terdapat wordpress.com (www.opusisv.wordpress.com). 

WordPress.org memberikan keleluasaan dan berbagai fasilitas lain. Anda bisa memiliki website dengan domain sendiri, dapat custom website sendiri, memasang plugin, iklan AdSense, dan menginstall tema.

Keuntungan Menggunakan WordPress

Keuntungan menggunakan WordPress sebagai platform CMS (Content Management System) dalam membuat dan membangun sebuah situs atau blog, diantaranya adalah:

1. Fleksibilitas

Dalam hal pengembangan WordPress merupakan platform CMS yang sangat mudah di custom dari tampilan ataupun plugin,  WordPress dapat digunakan untuk keperluan apapun dari Blog pribadi, profile perusahaan, portofolio, resep makanan, forum, sosial media dan lain-lain.

WordPress juga digunakan untuk menjalankan situs Kompleks perusahaan multinasional yang besar untuk mengelola bisnis kecil membuat toko yang sesuai pada situs anda dan itu semua berkat banyaknya tema dan plugin dari WordPress yang udah kita akses filenya dan juga dapat beradaptasi tanpa henti dengan kebutuhan perusahaan yang terus berubah.

Jika menggunakan CMS yang lain menginstal plugin seperti ini bisa sangat rumit tetapi dengan WordPress terdapat kumpulan plugin dengan berbagai keperluan yang dapat diinstal hanya dengan satu kali klik dan pastikan juga Anda membaca ulasan dan memastikan bahwa plugin diperbaharui secara teratur sebelum menginstalnya ke situs web Anda agar tidak terjadi error terhadap WordPress versi yang digunakan dan juga plugin yang digunakan.

2. User Friendly

User-friendly dimana kita dapat melakukan sesuatu dengan mudah dan nyaman, tujuannya hanya 1 yaitu mempermudah kita mencari dan menggunakan sesuatu yang sesuai keinginan kita

WordPress adalah platform yang sangat user friendly,  karena pada awal pengenalan kita terhadap WordPress, kita dimudahkan dalam penginstalan WordPress yang dapat dilakukan hanya dalam waktu Sekian menit.  tidak hanya itu sejumlah hosting WordPress menawarkan penginstalan WordPress yang hanya dengan satu klik saja.

setelah diberikan kemudahan dalam instalasi, WordPress juga memudahkan kita untuk menggunakan blok  yang mudah digunakan untuk mengedit front end website kita.

Selain itu WordPress juga memiliki banyak pilihan desain yang menarik dan dan bagus, juga kita diberi kemudahan dalam menerbitkan konten. Selain dalam hal front end WordPress juga memudahkan dalam hal  backend.

3. Customization dalam backend

Back-end adalah bagian dari sebuah website Yang berfungsi untuk mengolah data dan juga memanajemen konten. WordPress mempunyai halaman dashboard admin yang sangat mudah digunakan, selain berfungsi sebagai instalasi tema dan plugin, dashboard admin WordPress juga dapat di kostum sedemikian rupa menggunakan plugin tertentu yang dapat disesuaikan fitur berdasarkan kebutuhan anda.

4. Marketing Support SEO

SEO adalah teknik mengoptimalisasikan mesin pencarian baik menggunakan Google, Yahoo, atau Bing untuk memperoleh banyak pengunjung ke suatu website.

WordPress adalah CMS yang sangat SEO-friendly. WordPress dirancang sangat baik untuk mengoptimalkan search engine optimization (SEO) . Sangat mudah untuk membuat URL, kategori, dan tag yang ramah SEO untuk postingan website bahkan di dukung plugin dengan beberapa fitur yang bisa kita gunakan secara gratis.

5. Security and Performance

Keamanan WordPress merupakan salah satu aspek penting selain dari sisi kecepatan dan SEO website. Anda tentu wajib mengamankannya dari berbagai macam ancaman, baik kerusakan akibat malware, serangan brute force hingga hacker yang tidak bertanggungjawab.

Melihat kepopuleran WordPress, hal ini mengundang banyak sekali ancaman dari para hacker dan berbagai malware.

Berikut adalah tips menjaga keamanan wordpress anda:

  1. Pastikan website Anda selalu menggunakan WordPress versi terbaru.
  2. Jangan gunakan “admin” sebagai user administrator
  3. Gunakan password yang kuat
  4. Gunakan plugin keamanan yang ada dan terpercaya
  5. Sembunyikan wp-admin
  6. Backup

Performa website WordPress juga bisa ditingkatkan menggunakan plugin. Hanya saja, urusan memilih plugin yang tepat untuk meningkatkan kinerja website Anda ini seringkali sulit, apakah hanya plugin saja, atau ada hal lain yang dapat dipertimbangkan dalam meningkatkan performa?

Berikut ini adalah cara menaikkan performa WordPress yang bisa Anda lakukan.

  1. Perbarui WordPress dan PHP ke Versi Terbaru
  2. Hapus Plugin dan Tema yang Tidak Perlu
  3. Minimalkan Skrip CSS, HTML, dan JavaScript
  4. Optimalkan Gambar
  5. Aktifkan Caching

6. Kemampuan untuk Extend Functionality

7. Future: Headless CMS

8. ROI return on investment